Semenjak pertama kali dirilis ponsel/HP Asus Zenfone langsung menjadi primadona, harga murah namun spek dan desain ciamik jadi alasan banyak orang membeli ponsel Zenfone. Namun membeli smartphone dengan harga yang murah, bukan berarti biaya perawatan atau penggantian sparepart-nya akan murah pula. Seperti dilansir situs Aitinesia.com, salah seorang pembaca mereka yang bernama Dody Pakusadewo membeli Asus Zenfone 4 dengan harga standard Rp 1.100.000 di daerah tempat asalnya di Pekanbaru. Harga tersebut termasuk murah, karena seperti yang telah kita tahu, begitu terkenalnya Asus Zenfone, harganya bisa jadi melambung begitu tinggi.
Singkat cerita, device Asus Zenfone 4 milik Dody terjatuh karena kelalaiannya sendiri. Hal tersebut menyebabkan layar bagian dalam dari Zenfone 4 miliknya pecah, seperti foto di bawah ini. Device tersebut praktis tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dody sadar kalau hal itu merupakan kerusakan yang tidak ditanggung oleh garansi yang diberikan Asus. Ia pun membawa Asus Zenfone 4 tersebut ke Service Center Resmi Asus yang berada di Jl. Tuanku Tambusai No. 333A, Pekanbaru, guna meminta layar Zenfone 4 miliknya untuk diganti.
Setelah layar Asus Zenfone 4 milik Dody selesai diperiksa, sang pegawai pun langsung meminta Dody untuk membayar sebesar Rp 725.000 untuk penggantian layar Zenfone 4 tersebut. Sontak Dody kaget, karena ia tidak mengira kalau harga layar Zenfone 4 bisa hampir sama dengan harga seluruh device-nya sendiri. Redaksi Aitinesia telah mencoba menghubungi pihak Asus Indonesia untuk mengkonfirmasi hal ini, namun hingga saat ini belum ada jawaban.
Oleh karena itu, sebagai pelajaran, mungkin kita harus lebih berhati-hati dengan kondisi smartphone kita, jangan sampai terjatuh dan terendam air (khusus smartphone yang tidak memiliki fitur kedap air), berapapun harga smartphone tersebut. Salah-salah, smartphone tersebut malah bisa jadi tidak terpakai oleh kita karena biaya service atau penggantian sparepartnya yang begitu mahal.
Di daerah Depok sendiri menurut pengamatan penulis, untuk mengurus klaim service Asus cukup susah karena keterbatasan pegawai, dimana untuk mendapatkan nomor antrian di service center Asus Depok Anda harus siap di pagi hari sebelum service center tersebut buka, setelah buka dan klaim pun Anda harus menunggu cukup lama selain itu petugas service center Asus Depok hanya terdapat satu orang yang harus melayani puluhan orang.
Bagi Anda yang ingin mengurus klaim garansi beragam perangkat Asus seperti Zenfone, Notebook, Motherboard, layar atau menambah RAM Notebook Asus dapat melihat daftar alamat service center Asus di bawah ini.
Garansi, Call Center & Service Center
Untuk menjamin layanan purna jual yang aman dan nyaman, pastikan Anda membeli produk ASUS yang dijual dan dipasarkan oleh distributor resmi ASUS di Indonesia. Untuk setiap produk resmi yang dipasarkan di Indonesia, berlaku garansi umum sebagai berikut:
Produk | Garansi | Catatan |
Notebook | 2 Tahun Global* | Baterai dan Adaptor Notebook bargaransi 1 tahun global.* Aksesori tambahan lain (Contoh: Mouse/Tas/CD/DVD Driver/lain-lain), kecuali disebutkan khusus, tidak termasuk dalam cakupan garansi. Untuk model-model tertentu |
Eee PC | 1 Tahun Global | Adaptor Eee PC bergaransi 1 tahun global. Baterai Eee PC bergaransi 6 bulan global. |
Motherboard | 3 Tahun | Service dan part. Khusus motherboard TUF series, garansi 5 tahun. |
Graphic Card | 3 Tahun | Service dan part. |
Sound Card | 3 Tahun | Service dan part. |
Display | 3 Tahun | Service dan part, termasuk panel display. |
Optical Disc Drive (ODD) | 1 Tahun | Service dan part. |
Networking | 3 Tahun | 3 Tahun one to one replacement. |
All-in-one PC | 1 Tahun | Service dan part, tidak termasuk aksesoris. |
PC Desktop | 2 Tahun | Service dan part, tidak termasuk aksesoris. |
Multimedia | 1 Tahun | Service dan part. |
Call center ASUS di Indonesia dapat dihubungi di nomor telepon (021) 500 128, setiap hari Senin s/d Jumat dengan jam operasional 09:30-17:00 WIB, mencakup semua jajaran produk ASUS, seperti produk kategori notebook, Eee PC, handheld, LCD monitor, Eee Box/Eee Top, perangkat wireless & jaringan, motherboard, dan kartu grafis. Selain dapat membantu pengguna produk ASUS untuk memecahkan permasalahan ataupun kesulitan yang mungkin dihadapi pengguna, call center ini juga dapat membantu menjawab pertanyaan teknis bagi yang berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk ASUS dan ingin mendapatkan tambahan informasi spesifik lainnya.
Berikut informasi daftar lokasi dan nomer telepon ASUS Service Center resmi:
No | Kota | Provinsi | Alamat | Nomor Telepon | Waktu Pelayanan | Produk |
1 | Balikpapan | Kalimantan Timur | Mall Balikpapan Permai Blok J2 No.6. Jl. Jendral Sudirman | (0542) 744452 | download file now
|